DSCF6542

Alat Transportasi di Jepang

Alat Transportasi di Jepang

Jepang adalah salah satu negara di Asia yang sudah maju. Negara tersebut juga memiliki budaya yang sangat menarik dan mendunia yang membuat negara ini menjadi destinasi populer di seluruh dunia. Terlebih lagi untuk urusan transportasi, Jepang memiliki berbagai macam alat transportasi yang memadahi, nyaman dan sangat praktis. 

city-g9c13c34ec_1920

Sebagai salah satu negara maju di Asia, sistem transportasi di jepang sangatlah maju dan modern, serta disebut sebagai salah satu system yang modern di dunia. Ada beberapa contoh alkat transportasi di Jepang yaitu: Kereta, Shinkansen (Kereta Peluru), Taksi, Rental Mobil, Kendaraan pribadi, Sepeda, Bis, Motor, Kapal, Pesawat dan masih banyak lagi. Berikut kami Frontline Media merangkum beberapa transportasi publik yang sering digunakan oleh orang Jepang.

Transportasi Publik di Jepang

Transportasi publik di Jepang banyak ragamnya, memiliki kualitas yang sangat bagus, ramah lingkungan, nyaman saat digunakan serta sangatlah praktis. Berikut beberapa contoh transportasi publik yang ada di Jepang.

1. Kereta

Kereta, atau dalam bahasa Jepang disebut dengan 電車 (densha) adalah alat transportasi publik yang paling sering digunakan di Jepang. Untuk pembelian tiketnya pun sangat lah mudah. Kita bisa membeli tiket secara manual atau otomatis. Untuk pembelian manual, kita bisa langsung datang ke stasiun, pergi ke mesin tiket, lalu membeli tiket. Harga tiket sesuai dengan destinasi yang kita tuju. Untuk tiket otomatis, kita bisa menggunakan kartu e-money. Jenis e-money di Jepang yang terkenal ada 3 yaitu SUICA, ICOCA dan PASMO. Kartu e-money tersebut kalau di Indonesia sama seperti kartu E-Toll, dimana kita bisa isi kartu tersebut dengan uang, lalu kita tinggal tap saja di gerbang tiket. Untuk pengisian kartu e-money bisa langsung di stasiun atau di minimarket terdekat. Kartu tersebut selain untuk transportasi, juga bisa digunakan di berbagai tempat seperti supermarket, minimarket, restoran dan sebagainya.

train-g2093d4172_1920
img-check-markOfMark-pc

E-Money di Jepang

Gambar di kiri adalah beberapa contoh e-money di Jepang. Apabila temen-temen sudah membeli ataupun memiliki kartu yang tertera pada gambar tersebut, maka kalian dapat melakukan transaksi pembayaran di tempat atau alat transportasi tersebut.

2. Shinkansen

Shinkansen atau dalam bahasa Indonsia yaitu kereta peluru adalah transportasi kebanggaan Jepang. Shinkansen pertama kali beroperasi pada tahun 1964 ketika olimpiade musim panas yang mana menghubungkan jalur Tokyo-Osaka.
Sekarang ini, ada 3 jenis shinkansen yang beroperasi di Jepang yaitu: Kodama, Hikari dan Nozomi. Kecepatan dan fasilitas yang disediakan pun bervariasi tergantung jenis shinkansen yang akan dinaiki.

transportation-ga759d33f8_1920

3. Bus

Meskipun Jepang adalah salah satu negara penghasil kendaraan terbesaer di dunia, Jepang tetap memperhatikan pelayanan transportasi umum untuk masyrakat mereka. Selain kereta, Jepang juga memiliki alat transportasi lain populer lain yaitu bus. Hampir di setiap kota di Jepang memiliki alat transportasi ini. Ada juga bus antar kota antar propinsi yang bisa kita gunakan untuk mode hemat ketika bepergian di Jepang.

transportation-ga759d33f8_1920

4. Sepeda

Selain transportasi umum seperti kereta dan bus, sepeda adalah alat transportasi andalan orang Jepang. Siapa saja yang memakai sepeda? Jangan gengsi! Semua orang dari berbagai kalangan di Jepang menggunakan sepeda. Mulai dari pekerja bangunan, kantoran, orang tua, anak-anak hingga orang yang ber jas pun memakai sepeda. Mereka bersepeda sebagai alat penunjang untuk aktivitas mereka sehari-hari seperti berangkat sekolah atau kerja, jalan-jalan, berbelanja, ataupun untuk tujuan hobi dan olahraga. 

Bicycle parked on sidewalk at night in japan

5. Taksi

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, transportasi pblik di Jepang sudah tertata rapi dan banyak pilihan yang bisa kita gunakan. Namun, jika membutuhkan alat transportasi yang mobilitas, mudah, cepat, aman dan nyaman, taksi bisa menjadi solusinya.

asian-gc5d2c1a13_1920
Spread the love

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *